BBM, Bertambah Banyak Morons (?)

Hampir seluruh kota di Indonesia kembali ricuh. Demonstrasi mulai bertebaran dimana-mana lagi. Yeah, seperti kita semua tau semua ini tak lain dan tak bukan karena pada tanggal 1 April 2012 nanti BBM bersubsidi akan naik harganya. Berapa? Saya tidak tahu, karena sesungguhnya saya tidak terlalu peduli dengan isu ini. Saya hanya bisa berharap semoga saya mendapat cukup rejeki untuk dapat terus mengisi bensin kendaraan saya.

Kalo saya gak peduli ama kenaikan BBM terus kenapa saya nulis ini? Well, saya tidak peduli dengan apakah pada akhirnya naik atau tidak. Saya juga tidak pro naik atau pro tetap. Tapi jujur, saya benar-benar merasa cukup terganggu dengan efek lain kenaikan BBM ini, yaitu terhadap orang-orang yang pro dan kontra.

Banyak elemen masyarakat yang menolak akan naiknya harga BBM ini. Mereka melakukan aksi protes dengan berbagai macam cara, demonstrasi di instansi-instansi pemerintah, menutup jalan, menutup pom bensin, bahkan (kabarnya) hingga ada perbuatan anarki. Nah, yang saya sayangkan adalah aksi kekecewaan mereka ini. Saya tau mereka kecewa karena beban hidup mereka akan menjadi bertambah lagi, namun apakah layak mereka melampiaskan kekecewaan atas kesusahan mereka itu dengan membuat susah orang lain juga?

Kok nyusahin orang lain? Kan mereka cuma mau protes..

Kalo diliat di sisi lain, perbuatan mereka termasuk nyusahin orang lain juga dong. Efek terkecil adalah menambah macet jalanan. Well, orang lain pun nantinya juga bertambah bebannya dengan harga BBM naik kan, tapi karena adanya demonstrasi dsb ini pun orang lain juga harus menikmati kesusahan berupa macet atas aksi demo tersebut. Jadi apa karena kalian susah maka orang lain harus menjadi lebih susah lagi karena kalian?

Saya tau kok naiknya BBM itu efeknya besar nantinya. Karena naiknya BBM itu punya efek domino akan harga jual barang lain. Jadi memang jelas biaya hidup dan kesusahan akan semakin bertambah. Tapi yah harap diingat juga, kenaikan harga BBM itu layaknya bom waktu. Kalo gak sekarang, pasti ntar bakalan naik, dan bukan gak mungkin ketika naik nanti harganya gak makin nyekik.

Namun sayangnya, hal seperti ini kurang dipahami (atau mereka mungkin tidak mau tau?) oleh beberapa kalangan. Terutama segelintir orang yang membandingkan antara kesanggupan membeli rokok terhadap kenaikan BBM yang mereka anggap tidak seberapa.

Oke, alasan mereka boleh lah ya, “membeli rokok dengan harga 10k+ bisa tapi bensin naik dikit protes ampe segitunya”. Jika dilihat secara kasar memang benar, kenaikan BBM cuma seperberapa sih dari harga rokoknya. Tapi mungkin mereka lupa, meski pun harga rokok naik, tidak akan memberi dampak pada kenaikan harga yang lainnya seperti kebutuhan pokok. Sementara BBM, jelas bisa memberi dampak kenaikan harga pula pada berbagai macam barang dan kebutuhan pokok. Jadi kalo memang mau memberi perbandingan, tolong dong smart dikit. Kalo memang gak sanggup, ya mending diem aja. Saya risih juga sih kalo ngebacain timeline twitter saya isinya orang sok ngatain tapi bego gitu.

Mengatai orang lain tidak selamanya membuat anda tampak lebih pintar, tapi bisa juga menunjukan ketololan anda. Jadi lebih baik kita diam saja dan menyaksikan kenaikan harga pada tanggal 1 April 2012 mendatang. Percayalah, mungkin di awal orang akan sedikit mengeluh, namun karena keadaan yang terpaksa pasti kita semua mampu beradaptasi dan menikmati “kesusahan” kita itu kok. 🙂

Oh iya, kalo kalian masih make BBM subsidi gak usah deh sok-sok ngatain yang demo. Kalian ngerasa mampu kan makanya ngatain ngapain demo buat kenaikan yang gak seberapa, jadi mulailah menggunakan pertamax (kalo mau shell ya shell super) yang per liternya sekarang udah nyampe harga 9800an. 😉

P.S : Quoteyang di bold itu juga berlaku buat saya kok. 😛

Advertisements

One thought on “BBM, Bertambah Banyak Morons (?)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s