Israel-Palestina Dan Yang Ada Disekitar Kita

Berita terkini yang sedang ramai dibicarakan adalah tentang Israel-Palestina, gimana keadaan antara kedua negara tersebut mulai menegang kembali. Banyak yang mengecam tindakan Israel terhadap Palestina, dan banyak aksi protes bermacam-macam terhadapnya.

Tidak, kali ini saya tidak akan membahas tentang Israel-Palestina, saya hanya sedang ingin membahas tentang aksi masyarakat terhadap berita tersebut. Dari sekian banyak aksi ini itu (yang menurut saya sendiri pun sesungguhnya tidak berguna), ada satu aksi yang menarik perhatian saya. Yaitu, berita tentang anak SD yang mengecam tindakan Israel tersebut dengan melempari bendera Israel menggunakan bakiak. Untuk membaca beritanya, silakan klik disini.

Yang terlintas di benak saya pertama kali tentang berita tersebut adalah “Perangkat sekolahnya goblok”. Why? Here’s why..

Anak SD adalah anak dimana sedang berkembangnya pikiran, dimana mereka masih belajar untuk mengenal mana yang benar dan mana yang salah. Pikiran mereka masih perlu diarahkan. Pengarahan ke arah yang baik akan dapat membentuk perilaku dan karakter yang baik pula nantinya (diluar faktor eksternal lingkungan yang dia dapat nantinya), vice versa.

Dengan memberikan kegiatan kepada anak SD untuk mengecam tindakan Israel berikut dengan melempari bendera dengan bakiak, secara tidak langsung mengajarkan dan menanamkan satu kebencian terhadap Israel di benak anak SD. Jika nantinya tidak berlanjut panjang dan tidak memberi efek apapun di masa depan sih oke, tapi masalahnya hal tersebut dapat mempersempit pemikiran mereka. Sekarang mungkin masih mengecam bangsa lain, bisa saja nanti mereka mengecam bangsa sendiri. 

Belum lagi masalah bendera. Jika sedari kecil saja mereka diajarkan untuk melecehkan bendera negara lain dengan perlakuan seperti itu, bisa saja mereka melecehkan bendera kita sendiri. Karena mereka pikir, bendera itu bukan apa2 dan tidak ada artinya. 

Mungkin perangkat sekolah tersebut tidak menyadari hal tersebut. Yang menjadi dasar mereka mengadakan acara tersebut adalah untuk menimbulkan sikap kepedulian antar sesama (ini saya dengar di berita TV). Saya heran, jika memang hanya sekedar untuk menumbuhkan kepedulian kepada sesama, mengapa tidak diarahkan dengan beramal kepada sesama disekitarnya yang membutuhkan? Kenapa harus dengan memberikan kebencian juga?

Masih banyak hal lain yang bisa kita lakukan, yang jauh lebih baik daripada mengecam tindakan orang lain yang nun jauh disana dan melukai bangsa lain pula. Lebih baik fokuskan kepada orang disekitar kita yang tersakiti dan benar-benar membutuhkan bantuan serta kepedulian kita. Yang disekitar kita aja belum beres kok sibuk koar-koar buat bangsa lain.

Advertisements

One thought on “Israel-Palestina Dan Yang Ada Disekitar Kita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s