Rewind

Terkadang kita tidak menyadari jika waktu bergulir begitu cepat. Kita hanya melewati dan menjalaninya dengan rutinitas yang sama berulang-ulang hingga lupa berapa lama waktu yang sudah kita lalui dengan rutinitas tersebut.

Tak jarang pula rutinitas itu perlahan membentuk kita menjadi pribadi baru, entah lebih baik atau buruk. Kita sendiri yang terus bergelut dengannya setiap hari mungkin tak terlalu menyadarinya, karena tekanan terus menerus dalam rutinintas itu pulalah terkadang yang menjadi pemicu perubahan tersebut.

Coba pejamkanlah mata sejenak, tenangkan pikiran dari berbagai macam hal yang ada. Lalu pulihkan kembali ingatan tentang apa saja yang telah dilewati kemarin dan hari ini. Putar semuanya dalam otak dan bayangkan kita sedang menyaksikan suatu film. Dengan menempatkan diri sebagai penonton, atau orang ketiga, setidaknya bisa membantu untuk menilai bagaimana diri kita.

Jika pemutaran ingatan tentang hari kemarin dan hari ini telah usai, coba mundurkan timeline ke sebulan yang lalu dan putar kembali ke dalam ingatan. Lakukan pula hal yang sama untuk timeline waktu yang lebih lalu. Dari situ kita akan tau apa saja yang telah kita lakukan untuk hidup kita, hal apa saja yang berubah, dan dapat meninjau ulang dengan target kehidupan yang kita inginkan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s